Jumat, 17 Mei 2019

Rekomendasi Tempat Baca Manga Bahasa Indonesia



Pernah gak sih Kamu mendengar tentang apa itu Manga? Manga merupakan sebuah karya yang biasanya diadaptasi dari sebuah Novel dan diekspresikan menggunakan gambar sebagai ilustrasinya, Istilah Manga sendiri berasal dari Jepang sedangkan Kita biasanya menyebutnya dengan Comic/Komik. Meskipun penggambaran cerita dalam Manga tidak sekompleks atau sudah melalui perubahan dari Novelnya, Namun Manga ternyata sangat di gemari oleh Masyarakat karena imajinasi dari Novel tersebut sudah di visualisasikan ke dalam gambar. Akan tetapi kali ini Kita tidak akan membahas tentang Manga, Melainkan Rekomendasi Tempat Baca Manga Berbahasa Indonesia.

Sebagai Orang awam yang baru memulai membaca Manga, Pastinya akan merasa kebingungan dan tidak nyaman tetapi itu hanya awalnya saja. Setelah Kamu baca pasti akan ketagihan termasuk mimin dulu ketagihan baca bergenre Isekai, Nah sedikit info lagi nih temen-temen sebelum melanjut ke pembahasan utama. Biar gak bingung bedainnya Manga itu biasanya dibagi menjadi 3 kalau dalam website Baca Manga, Yaitu : Manhua, Manhwa & Manga. Manhua dan Manhwa itu sebutan lain Manga dari China dan Korea, Lebih gampangnya ngebedain Manga dengan Manhua dan Manhwa itu kebanyakan dari Manga Korea dan China sudah memiliki warna pada setiap gambarnya jadi kalau Manga dari Jepang masih polos atau tidak ada warnanya sama sekali (walau ada beberapa sih cuman sedikit). Nah berbeda dengan Manga (Jepang) yang biasanya membacanya dari Kanan ke Kiri, Manhua dan Manhwa itu bacanya dari Kiri ke Kanan. Itulah sedikit informasi yang harus Kamu ketahui sebelum Baca Manga. Mari Kita melanjutkan ke pembahasan utama.

1. Otakuindo



Rekomendasi tempat Baca Manga yang pertama adalah dari Otakuindo, Website Otakuindo sendiri telah berdiri cukup lama dan menjadi favorit dari paran Manga Readers karena desain dari Web tersebut sangat Mobile Friendly. Gak cuma itu, Di Website ini juga mempunyai ratusan koleksi Manga berbhasa Indonesia loh & selalu update setiap harinya. Akan tetapi kelemahan dari Website ini terletak pada iklannya yang bisa dibilang cukup banyak dan membuat lemot apalagi Iklan redirect yang biasanya membawa Kita ke Playstore. Tapi jika semisal Kamu pengin Baca Manga, Website ini masih masuk ke dalam rekomendasi kok.

2. Kiryuu



Rekomendasi tempat Baca Manga yang ke dua adalah Kiryuu. Website ini sudah berdiri lama dan merupakan salah satu dari Fans Translation atau bisa dibilang Website yang Translate dari Bahasa Inggris ke Indo atau Jepang ke Indo. Perbedaannya dengan web-web lain itu, sudah ada ratusan project yang Mereka TL sendiri jadi Kita patut berterimakasih karena bisa membaca Manga setiap harinya, Sedangkan web lain itu biasanya cuma download gambar terus di upload ke web Mereka artinya tidak Translate sendiri. Yah begitulah pokoknya, Keunggulan dari Kiryuu selain ng-TL sendiri, Website Mereka juga elegant dan Mobile Friendly tapi ya itu banyak iklan juga, Namun gak masalah sih soalnya sebagai bentuk apresiasi kepada Mereka yang udah Trnslate-in dan juga Kiryuu juga sudah punya Aplikasinya (Apk) sendiri, Kamu bisa download di web resminya kiryuu.co.

3. WestManga



Tidak berbeda jauh dengan Kiryuu, WestManga juga merupakan salah satu Fans Translation. Web ini juga bisa dibilang sudah lama ada dan project-project yang Mereka kerjakan juga sudah banyak. Keunggulan dari web satu ini salah satunya adalah update setiap hari, ratusan Manga sudah tersedia, iklan tidak terlalu banyak dan bahasa yang Mereka gunakan juga mudah di pahami. Sisi lainnya adalah website ini memiliki tampilan yang cukup Classic atau kuno, kecepatan akses yang lumayan lambat (mungkin karena visitor banyak). Selain itu sudah bagus semuanya kok.

4. KomikStation



Sama seperti Kiryuu dan WestManga, Komik Station juga merupakan salah satu Fans Translation, Perbedaannya yang mimin lihat kebanyakan Komik Station TL Manga dari China. Kelebihan dari website ini adalah Mobile Friendly, Modern, dan iklan yang hampir tidak ada (bukan berarti tidak ada), kekurangannya sejauh ini mimin belum lihat. Mungkin temen temen semua bisa tambahin di kolom komentar.

5. Maid



Website yang satu ini bisa dibilang lebih populer dari lainnya, Alasannya adalah web ini sudah lama berdiri dan memiliki Fans pada Fanspage Facebook lebih dari 50ribu dan merupakan salah satu website TL seperti lainnya yang diatas. Perbedaannya dalam hal kelebihan tidak berbeda dengan website-website tadi kalau ditambahkan mungkin karena koleksi mangannya yang sudah bisa dibialang banyak, Kekurangannya mungkin yah domainnya sering ganti (bener gak sih?), Iklan. Sudah sih segitu aja yang mimin tahu.

6. Bacamanga (Mangaid)



Website ini merupakan salah satu favorti mimin, Awalnya sih dulu saat pertama kali baca Manga sangat terganggu dengan iklan yang direct link tapi setelah cari-cari website yang tidak ada iklannya itu hampir gak ada dan alhsail nemun salah satunya yakni Mangaid yang sekarang sudah berganti nama menjadi Bacamanga.co. Kalau Kamu lagi nyari Website Baca Manga yang di rekomendasikan maka Kamu bisa coba yang satu ini, Kelebihannya : update setiap hari, terdapat ratusan manga, merupakan salah satu Fans TL (walau tidak sering), website yang Mobile Friendly dan cepat saat mengakses.

Nah itulah beberapa Rekomendasi Tempat Baca Manga Berbahasa Indonesia yang patut buat Kamu cobain, Meski masih banyak lagi sih lainnya yang gak kalah dengan website diatas. Seperti MangaKita, MangaIndo, dan lain sebagainya. Kalau semisal Kamu tahu website lainnya silahkan Komentar ya!

Next

Related Post


EmoticonEmoticon